MITOS-MITOS LEGENDARIS DI INDONESIA

MITOS LEGENDARIS DI INDONESIA 

Mitos

Setiap Negara pasti mempunyai mitos nya masing-masing . Biasanya, semakin beragam budaya di suatu negara, semakin beragam pula mitos-mitos yang di percaya oleh sebagian masyarakat di negara tersebut. Tak terkecuali juga negara kita Indonesia .

Tetapi kalian tau tidak apa itu mitos ?
 menurut beberapa sumber memiliki persamaan arti yaitu sebuah cerita atau dongeng berlatar masa lampau. Orang pertama yang memperkenalkan istilah mitos adalah Plato adalah seorang filsuf dan matematika Yunani. Istilah Mitos berasal dari bahasa Yunani mythos dan bahasa Belanda mite yang berarti cerita atau perkataan. Penutur mitos terlebih dahulu telah mendengar cerita tersebut dari generasi sebelumnya, biasanya terdapat penokohan para dewa yang terjadi di dunia lain (kayangan) dan dihubungkan dengan terjadinya suatu tempat, alam semesta, adat istiadat dan dongeng masa lampau lainnya.
Jadi dapat disimpulkan Mitos adalah Sebuah kepercayaan yang timbul di masyarakat terhadap sesuatu  padahal belum diketahui betul atau tidaknya hal tersebut . Biasanya mitos berasal dari cerita-cerita rakyat atau legenda.

Biasanya mitos-mitos tersebut di sebut Pamali (pantangan) .Beragamnya kebudayaan di indonesia juga mempengaruhi banyaknya mitos-mitos yang di percaya oleh masyarakat kita. Bahkan mitos-mitos tersebut sudah menjadi kepercayaan di masyarakat dan turun-temurun . berikut ini MITOS-MITOS LEGENDARIS DI INDONESIA versi NyimakAja :

Mitos Pamali Menyapu tidak bersih dapat suami brewokan

Salah satu tugas domestik rumah tangga yaitu menyapu rumah. Nah, pada umumnya seorang ibu yang mempunyai anak gadis biasanya melimpahkan tugas menyapu rumahnya. Ketika anak gadisnya menyapu namun ditemukan oleh ibunya tidak bersih hasil pekerjaan menyapunya maka serta-merta ibu tersebut akan bilang : “kalau nyapu nya ga bersih ntar dapat suami brewokan.”

Tetapi saya tidak yakin dengan hal di atas , karena saya menilai hal tersebut adalah bentuk penegasan dari ibu kepada anaknya agar menyapu lebih bersih dan seperti nya hal tersebut hanyalah bentuk ancaman , Memangnya apa masalah nya mempunyai suami brewokan .

 

Mitos Pamali Duduk depan pintu sulit jodoh

Mitos duduk depan pintu susah jodoh seringkali banyak diucapkan orang ketika melihat ada pria atau perempuan sedang duduk-duduk didepan pintu. Tentu saja pintu bukan tempat duduk karena pintu merupakan penghubung ruangan. Boleh jadi mitos ini muncul karena khawatir ada orang yang ingin masuk akan terganggu dengan kehadiran kita di depan pintu.

hal diatas cukup masuk akal , karena jika kita duduk di depan pintu akan menyusahkan orang lain yang ingin masuk ke dalam rumah, dan bisa jadi yang ingin masuk ke dalam rumah kita adalah jodoh kita sendiri.

Mitos Pamali Main lewat maghrib akan diculik hantu Wewe Gombel

Jauh sebelum era gadget, dahulu anak-anak suka bermain dengan sebaya mereka lalu ketika menjelang maghrib mereka pasti akan langsung pulang karena ingat nasehat orang tua supaya tidak main diluar rumah saat maghrib karena nanti akan diculik Wewe Gombel.

hahaha, sebenarnya Mitos ini adalah hanya bentuk ancaman agar anak-anak mau pulang ke rumah sebelum maghrib dan saya pernah membaca ternyata Mitos ini bersumber dari Hadist Rasullulah Saw.

 

Mitos Pamali Jangan pakai baju hijau ke Pantai Selatan Jawa

Ada mitos yang dipercaya oleh masyarakat pantai selatan Pulau Jawa yaitu kalau kepantai jangan pakai baju warna hijau akan terseret kedalam laut dan tidak akan pernah kembali.

hmmm... menurut cerita rakyat yang beredar , konon katanya Ratu penguasa pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul suka dengan segala sesuatu yang berwarna hijau , tak terkecuali orang yang mengenakan baju warna hijau. konon kita akan di tarik ke dasar laut kerajaan pantai selatan

Mitos Pamali Memakai payung ketika berada dalam rumah

Pamali ini seringkali saya dengar. Pamali ini apabila dilanggar akan menyebabkan kesukaran hidup. 

Mitos Pamali Tidur sore menjelang maghrib

Pamali tidur sore apabila dilanggar konon akan menjadikan orang tersebut gila.

Sebenarnya bukan hanya mitos ini saja yang melarang tidur menjelang maghrib, tetapi juga ada dalam Salah satu Hadist Rasulullah saw
 

Mitos Pamali Berfoto dengan jumlah orang ganjil

berfoto dengan jumlah orang ganjil dilarang karena konon akan mengakibatkan salah satu dari yang di foto tersebut akan cepat mati. Biasanya yang mati itu adalah orang yang di foto pada posisi tengah.


Mitos Pamali Mengintip perempuan sedang mandi

Mengintip perempuan yang sedang mandi akan mengakibatkan mata Anda menjadi bintitan.

hahaha, Sepertinya mitos ini hanya lah Ancaman yang di lontarkan oleh kaum hawa . tetapi ingat , setiap perkataan adalah doa , bisa saja hal diatas terjadi kepada para pengintip

Mitos Pamali Bersiul bisa memanggil setan

Bila ada orang yang bersiul tengah malam, biasanya orang tua mengingatkan supaya jangan bersiul ntar setan bisa datang. Sejatinya mitos ini belum diketahui kebenarannya. Bagi Anda yang bernyali kuat bisa dipraktekkan bersiul malam-malam apa benar bisa memanggil setan dan bagi yang tidak ingin repot ya tentu saja kita tidak perlu bersiul malam-malam terlepas benar atau tidak nya mitos bersiul itu bisa memanggil setan apa tidak.

Mitos Pamali Tidak boleh potong kuku malam-malam

Seorang anak yang memotong kukunya malam-malam biasanya akan diperingatkan oleh ibunya supaya segera berhenti dan tidak melanjutkan potong kuku malam-malam.

Sangat masuk akal , karena pada zaman dahulu , Keadaan di malam hari sangat lah gelap , masih di temankan oleh lampu petromak saja , di takutkan ketika memotong kuku malah jari yang terpotong.

Mitos Pamali cecak jatuh di atas kepala kita

Ada mitos yang masih berkembang ditengah masyarakat terutama orang tua, kalau cecak jatuh diatas kepala kita akan memberikan pertanda tidak baik, berupa kesialan yang akan terjadi dalam jangka waktu pendek maupun kehilangan rezeki.

Mitos Pamali Duduk di atas bantal bikin bisulan

Bantal merupakan tempat meletakkan kepala saat tidur. Tidak sopan kalau tempat kepala dijadikan tempat duduk. Mungkin itulah yang menjadi alasan orang tua zaman dahulu mengingatkan anaknya untuk tidak duduk di bantal karena akan bisulan. Dengan menakut-nakuti maka diharapkan orang tidak akan duduk diatas bantal.

Demikian diatas adalah beberapa mitos dari sekian banyak mitos yang sampai sekarang masih di percaya oleh masyarakat kita , Tetapi jangan sampai mitos-mitos tersebut mengalahkan kepercayaan kita kepada Tuha Yang Maha Esa.

Cukup sekian artikel ini di buat , Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua , Jangan lupa yah di share , biar orang-orang juga makin tau dan makin banyak ilmu , sekian Terima Kasih



0 Response to "MITOS-MITOS LEGENDARIS DI INDONESIA"

Post a Comment